MEMO PAGI

Pemkab Minta Masukan Legislatif dalam Penyusunan RPJPD

BANGKALAN, memo-pagi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan meminta masukan kepada Legislatif utamanya Komisi B DPRD Kabupaten Bangkalan dalam pembahasan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Masukkan itu diterima Pemkab Bangkalan pada Rabu (24/1/2024), saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Banggar DPRD Kabupaten Bangkalan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan Eko Setiawan mengatakan, pihaknya membutuhkan masukan terutama dari Komisi B, untuk penyempurnaan dokumen RPJPD Kabupaten Bangkalan.

“Untuk penyepakatan visi-misi, isu strategis yang akan menjadi penyempurnaan dokumen RPJPD Kabupaten Bangkalan,” katanya.

Selain visi-misi Kabupaten Bangkalan 20 tahun kedepan, lanjut Eko, yang dilihat adalah sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD.

“Ini menjadi dasar untuk menyusun RPJMD. Visi misinya ini kita menyelaraskan dengan RPJPN dan RPJPD Provinsi,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Komisi B DPRD kabupaten Bangkalan Rokib mengatakan, legislatif secara umum mendukung dan akan mengawal RPJPD tersebut.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menyampaikan, masukan yang paling ditekankan oleh pihaknya terkait PDAM. Sebab, selama ini hanya 9 kecamatan yang sudah teraliri air PDAM.

“Rekomendasi dari kami adalah 9 kecamatan yang lain ke depan juga bisa teraliri air PDAM. Sehingga masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi terdampak kekeringan di musim kemarau, tidak lagi mengeluhkan air bersih,” ujarnya.

Yakni, lanjut Rokib, dengan cara menginventarisir titik-titik yang berpotensi ada sumber air, dan tentunya berkolaborasi dengan Dinas PUPR.

“Kami juga minta PDAM berkoordinasi dengan DPR RI dan DPRD Provinsi. Karena selama ini yang terlaksana itu kurang tepat sasaran. Yaitu, ditempatkan di wilayah yang tidak rawan kekeringan,” cetusnya
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Gebuk….!!!: Mafia Tanah Bangkalan Menjadi Surganya Bagi Para ” Mafia Tanah “

BANGKALAN, memo-pagi.com - 6 Juli 2024, Bangkalan yang dikenal dengan nama Kota Dhikir dan Shalawat,… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kapolres Bangkalan Gelar “Piramida” Bersama Awak Media Wujudkan Kamtibmas Jelang Pemilukada

BANGKALAN, memo-pagi.com - Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Pagu Siswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 SMPN 2 Bangkalan Kini Telah Terpenuhi Sebanyak 320 Siswa Baru

BANGKALAN, memo-pagi.com — Dalam momen PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 2 Bangkalan… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Berikan Ucapan HUT Bhayangkara Ke 78, Danramil Burneh Kunjungi Mapolsek Burneh

BANGKALAN, memo-pagi.com – Danramil 0829-04/Burneh, Kapten Inf Edi Kuswoyo Hadi dan jajaranya melakukan kunjungan ke… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kodim 0829/Bangkalan Laksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah

BANGKALAN, memo-pagi.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Warga Desa Sumber Salak Bersyukur dan Bahagia Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras.

JEMBER, memo-pagi.com - Berjalan lancar pendistribusian Bantuan Pangan berupa beras sebanyak 1369 penerima manfaat,  disambut … Read More

2 minggu ago