Anjing Pelacak K9 Polda NTB streilisasi Sirkuit MotoGP Mandalika

MANDALIKA NTB, memo-pagi.com – Anjing-anjing pelacak dari satuan K9 Dit Samapta Polda NTB melakukan sterilisasi di sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia Pertamina MotoGP Lombok di hari pertama race pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Kabid Humas polda NTB Kombes Pol Arman A. Syarifudin SIK menyampaikan, sterilisasi menggunakan anjing pelacak ini merupakan upaya Polda NTB dalam rangka menjaga keamanan para penonton dari berbagai ancaman seperti kemungkinan adanya bahan peledak atau barang berbahaya lainnya.

“Kita selalu berupaya maksimal untuk menjaga keamanan dalam event MotoGP 2023 ini. Termasuk dengan menerjunkan K9 anjing pelacak yang melakukan sterilisasi sebelum race berlangsung. Ini untuk memastikan setiap sudut di sirkuit Mandalika aman dari gangguan maupun ancaman sekecil apapun,” ujarnya.

Dikatakan dia, sebanyak enam anjing pelacak diterjunkan oleh K9 Dit Samapta Polda NTB dan dibantu juga oleh Bawah Kendali Operasi (BKO) dari K9 Polda Jawa Timur dengan spesifikasi kemampuan anjing yang berbeda-beda.

“Ada anjing yang punya spesifikasi Handak atau pencarian bahan peledak. Ada juga yang punya kemampuan mengendus Narkoba serta ada anjing yang punya kemampuan SAR,” kata dia.

Senada itu, Kasubdit Harvet K9 Polda NTB Ipda I Made Triana menerangkan, saat ini personelnya yang berjumlah satu regu pawang anjing stand by di sirkuit Mandalika sejak pra event tiga hari yang lalu untuk melakukan penyisiran di setiap area sirkuit.

“Kami sudah di sini sejak tiga hari yang lalu untuk melakukan sterilisasi lokasi menggunakan kemampuan anjing pelacak yang kami miliki,” ucapnya.

Hingga saat ini terang dia, tidak ditemukan adanya indikasi ancaman seperti bahan peledak maupun barang berbahaya lainnya.

Diimbau juga untuk para penonton yang akan menyaksikan gelaran balap motor paling bergengsi dunia di Sirkuit Pertamina Mandalika agar turut serta menjaga keamanan dengan tidak membawa Miras, senjata tajam maupun barang berbahaya lainnya sebagaimana ketentuan yang berlaku. (rian)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Gebuk….!!!: Mafia Tanah Bangkalan Menjadi Surganya Bagi Para ” Mafia Tanah “

BANGKALAN, memo-pagi.com - 6 Juli 2024, Bangkalan yang dikenal dengan nama Kota Dhikir dan Shalawat,… Read More

6 hari ago
  • MEMO PAGI

Kapolres Bangkalan Gelar “Piramida” Bersama Awak Media Wujudkan Kamtibmas Jelang Pemilukada

BANGKALAN, memo-pagi.com - Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Pagu Siswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 SMPN 2 Bangkalan Kini Telah Terpenuhi Sebanyak 320 Siswa Baru

BANGKALAN, memo-pagi.com — Dalam momen PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 2 Bangkalan… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Berikan Ucapan HUT Bhayangkara Ke 78, Danramil Burneh Kunjungi Mapolsek Burneh

BANGKALAN, memo-pagi.com – Danramil 0829-04/Burneh, Kapten Inf Edi Kuswoyo Hadi dan jajaranya melakukan kunjungan ke… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kodim 0829/Bangkalan Laksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah

BANGKALAN, memo-pagi.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Warga Desa Sumber Salak Bersyukur dan Bahagia Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras.

JEMBER, memo-pagi.com - Berjalan lancar pendistribusian Bantuan Pangan berupa beras sebanyak 1369 penerima manfaat,  disambut … Read More

1 minggu ago