Berprestasi dan Insipiratif, Polisi RW Polresta Malang Kota Peroleh Apresiasi dari Kabaharkam Polri

KOTA MALANG, memo-pagi.com – Polisi RW merupakan program unggulan Polri dimana sebagai anggota kepolisian yang dituntut senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat bahkan pada tingkat paling bawah di lingkungan Rukun Warga atau RW.

Polisi RW ini dibentuk atas gagasan Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si yang juga merupakan implementasi dari Polri Presisi dengan salah satu tugasnya yaitu untuk memberikan edukasi kamtibmas maupun melakukan problem solving di tingkat RW.

Program Polisi RW tersebut telah dilaksanakan pada seluruh jajaran kepolisian di Indonesia termasuk Polresta Malang Kota yang merupakan jajaran Polda Jatim.

Setelah diluncurkannya program Polisi RW, Polresta Malang Kota yang memiliki sekitar 558 memiliki segudang inovasi salah satunya dengan adanya program Simponi (SIM Polisi RW Melayani).

Tak hanya itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., juga terus memberikan arahan dan bimbingan kepada seluruh Polisi RW agar selalu memberikan waktu dan pelayanan terbaik dengan masyarakat di wilayah binaannya.

Dari ratusan Polisi RW yang bertugas di wilayah Kota Malang, salah satunya Iptu Totok Hariyanto, S.H., M.H., selaku Polisi RW Polresta Malang Kota yang bertugas di RW 01 Kel. Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang.

Selain mengemban tugas sebagai Polisi RW, Iptu Totok juga memiliki jabatan penting yaitu sebagai Kasi Keuangan Polresta Malang Kota.

Selama bertugas sebagai Polisi RW, Iptu Totok mampu membangun kedekatan dengan masyarakat di wilayah binaannya.

Berbagai kegiatan turut dihadiri olehnya bahkan kehadirannya pun sering dinantikan oleh warga setempat.

Kehadiran Iptu Totok bukan hanya untuk menggugurkan tugas, namun sosoknya pun telah dianggap mampu melahirkan segudang prestasi dengan bekal ilmu keagamaan yang dimiliki untuk menghadirkan ragam inovasi di wilayah binaannya.

Sosok berprestasi dan inspiratif tersebut dalam menjalankan tugas maupun tanggung jawabnya terhadap wilayah binaannya ternyata terdengar hingga Mabes Polri.

Berbuah manis, Iptu Totok Hariyanto, S.H., M.H., mendapat kesempatan emas untuk mengikuti kegiatan audiensi secara langsung bersama Kabaharkan Polri Komjen Pol. Muhammad Fadil Imran, M.Si., di Mabes Polri dalam rangka pemberian reward kepada Polisi RW dan Bhabinkamtibmas terbaik di Jajaran Polda Jatim, pada 16-18 Oktober 2023.

Ia pun tidak menyangka bahwa akan mendapat kesempatan yang berharga untuk bisa berdialog secara langsung dengan Kabaharkan Polri Komjen Pol. Muhammad Fadil Imran, M.Si., dan Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen. Pol. Hary Sudwijanto, S.IK., M.Si. di Mabes Polri.

“Alhamdulillah, Masya Allah banyak sekali ilmu yang saya jadikan bekal untuk kemudian saya akan terapkan di Kota Malang khususnya di wilayah binaan saya” ucap syukur Iptu Totok, sosok yang sering disebut sebagai Ustaz ini.

Iptu Totok mendapat kesempatan yang berharga atas kemampuan serta prestasi yang dimiliki seperti penyelesaian suatu masalah dalam wilayahnya, sering memberikan tausiyah atau sebagai pendakwah di wilayahnya.

Ia juga sering memberikan hypnoterapi bagi masyarakat maupun anggota yang sedang mengalami suatu masalah.

Atas kemampuan dan segudang prestasi yang memberikan dampak besar bagi wilayahnya menjadikan kehadirannya sering dinantikan oleh warga binaannya.

“Kami mendapatkan segudang tips yang Insya Allah juga nantinya akan saya coba aplikasikan bahwa kami mendapatkan arahan agar sering melakukan sambang kepada masyarakat minimal seminggu sekali,”jelasnya.

Selain itu sambang kepada tokoh agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat ( Tomas) serta apabila memungkinkan juga dapat melakukan kunjungan silaturahmi kepada para pejabat di wilayah tugasnya untuk menyampaikan pesan kamtibmas maupun mendengarkan aspirasi warga.

“Kami untuk akan terus menyuarakan pesan-pesan Kamtibmas maupun bertukar hal-hal positif untuk membangun wilayah binaan kami” ujar Iptu Totok.

Mengetahui anggotanya telah ditunjuk sebagai Polisi RW berprestasi dan mendapatkan kesempatan emas untuk berdialog secara langsung dengan Kabaharkam Polri, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., memberikan apresiasi dengan kabar tersebut.

“Beliau ini memang merupakan anggota yang dapat dijadikan teladan yang baik bagi anggota lainnya dan kami sangat bangga atas segala prestasi yang telah diraihnya, semoga ilmu yang didapatkan dari pertemuan tersebut dapat diaplikasikan dan ditularkan kepada anggota lainnya,”tandas Kombes Budi Hermanto. (Red)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Gebuk….!!!: Mafia Tanah Bangkalan Menjadi Surganya Bagi Para ” Mafia Tanah “

BANGKALAN, memo-pagi.com - 6 Juli 2024, Bangkalan yang dikenal dengan nama Kota Dhikir dan Shalawat,… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kapolres Bangkalan Gelar “Piramida” Bersama Awak Media Wujudkan Kamtibmas Jelang Pemilukada

BANGKALAN, memo-pagi.com - Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Pagu Siswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 SMPN 2 Bangkalan Kini Telah Terpenuhi Sebanyak 320 Siswa Baru

BANGKALAN, memo-pagi.com — Dalam momen PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 2 Bangkalan… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Berikan Ucapan HUT Bhayangkara Ke 78, Danramil Burneh Kunjungi Mapolsek Burneh

BANGKALAN, memo-pagi.com – Danramil 0829-04/Burneh, Kapten Inf Edi Kuswoyo Hadi dan jajaranya melakukan kunjungan ke… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kodim 0829/Bangkalan Laksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah

BANGKALAN, memo-pagi.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Warga Desa Sumber Salak Bersyukur dan Bahagia Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras.

JEMBER, memo-pagi.com - Berjalan lancar pendistribusian Bantuan Pangan berupa beras sebanyak 1369 penerima manfaat,  disambut … Read More

2 minggu ago