MEMO PAGI

Dinas Pendidikan Gelar Festival dan Lomba FLS2N Jenjang SD Tingkat Kecamatan

BANGKALAN, memo-pagi.com – Beragam lomba ditampilkan dalam gelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kecamatan untuk jenjang SD hari ini Rabu (28/02/2024). Diantaranya, Matematika, Sain, Pendikan Pancasila, Bahasa Inggris, Bahasa Madura, Gambar Bercerita, Menyanyi Tunggal, Pantomim, Puisi. Dengan tema ” TUMBUH BERKARAKTER MENUJU GENERASI UNGGUL MELALUI MERDEKA BELAJAR “, Bertempat di Halaman UPTD SDN Pejagan 01, Jalan Moh Hosen, Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, lomba dilaksanakan dua hari Rabu – Kamis (28-29/02/2024).

Acara FLS2N ini dihadiri, Korwil kota,Agus Mardiono,M.Pd, Pengawas,Djupri,S.Pd,M.Pd, K3S,Hj.Nurhayati Eka.M.Pd, Ketua panitia,Hj.Sri Mangestutik,M.Pd dan Wakil,Kinanto.S.Pd, Kepala sekolah SDN Pejagan 01, Sujoko.M.Pd.sebagai tuan rumah,juga Ketua PGRI Kecamatan,Ketua Komite SDN Pejagan 01, dan Kepala sekolah dari setiap SDN, para guru serta orang tua siswa,Tokoh masyarakat.

Kordinator Wilayah (Korwil) Bidang pendidikan kota Bangkalan, Agus Mardiono,M.Pd mengatakan, “Lomba FLS2N merupakan agenda tahunan yang rutin digelar guna memfasilitasi bakat minat prestasi anak di jenjang SD- MI dan SMP. FLS2N juga merupakan kegiatan yang berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi dan sampai tingkat nasional. Lebih rinci Agus menyebut, untuk hari ini lomba diikuti 39 Lembaga, dengan cabang lomba ada 17, Peserta yang keluar sebagai juara akan mengikuti tahap selanjutnya yakni FLS2N tingkat Kabupaten. Setelah itu, mereka akan mewakili kabupaten Bangkalan untuk maju di tingkat Provinsi hingga Nasional,” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Agus berharap sekolah bisa memiliki beragam program ekstrakulikuler sehingga anak-anak bisa mengembangkan dan mengembangkan bakatnya. “Setiap anak dianugerahkan memiliki bakat, minat, dan talenta.Untuk itu, pelatihan perlu dilakukan terlebih saat mereka di usia dini atau masa sekolah di jenjang SD sehingga sekolah diharapkan memiliki ekstrakulikuler yang bisa membantu mengembangkan bakat anak,” Harapnya

Hj.Sri Mangestutik.M.Pd, ketua panitia memaparkan, dengan adanya perlombaan ini memang betul sangat bagus, Dengan tema ” TUMBUH BERKARAKTER MENUJU GENERASI UNGGUL MELALUI MERDEKA BELAJAR “, Karena untuk menggali kemampuan anak jadi memang tujuannya untuk itu selama ini, anak-anak kan kita tidak tahu apa bakatnya anak masing-masing sehingga dengan adanya ivent ini adalah tujuannya untuk menggali potensi anak di dalam mengembangkan potensi dirinya.

Ada 9 mata lomba untuk hari ini dan untuk hari besok ada 8 lomba, hari ini ini untuk akademik ditambah kreativitasnya adalah gambar bercerita nyanyi tunggal dan pantomim untuk hari ini untuk besok itu siswa berprestasi itu ada dua kelas ada siswa prestasi IPA ada siswa berprestasi B kemudian ada kriya anyam, ini keterampilan tangan handmade ini kan sudah kreatifitas ya yang mana temanya adalah alat permainan anak tradisional karena anak-anak sekarang ini kan memang sudah tidak mengenal apa permainan-perbedaan zaman dulu tradisional.

Adapun 17 Cabang Lomba yaitu:

  1. Matematika
  2. Sain
  3. Pendidikan Pancasila
  4. Bahasa Inggris
  5. Bahasa Madura
  6. Gambar Bercerita
  7. Menyanyi Tunggal
  8. Pantomin
  9. Puisi
  10. Seni Tari
  11. Kriya Anyam
  12. Membatik
  13. Pildacil
  14. MTQ
  15. MHQ
  16. Siswa Berprestasi Pa
  17. Siswa Berprestasi Pi.
    Tutur Hj.Sri Mangestutik.M.Pd,selaku ketua pannitia FLS2N,yang disampaikan kepada media ini.

Ditempat yang sama, K3S Hj.Nurhayati Eka.M.Pd,mengatakan, Bagaimanapun bisa mewakili Kecamatan nanti di tingkat Kabupaten lomba mata pelajaran kreativitas dan siswa prestasi ini lebih berat di tingkat kabupaten Pak, karena apa Karena kalau di tingkat kecamatan ini kita saingannya itu 39 lembaga yang semua ingin sama-sama semangat untuk menjadi yang mewakili kecamatan di tingkat kabupaten, jadi memang seperti yang betul-betul luar biasa, lebih semangat lebih hati-hati dan lebih profesional ya alhamdulillah usaha sudah semaksimal mungkin usaha sudah maksimal sudah berdoa Istighosah sejauh itu sudah satu bulan suntuk sudah berusaha semaksimal mungkin, ya selebihnya saya pasrahkan kepada Allah SWT.

Karena harapan kami, Berharap ingin tetap menjadi juara umum ini memang program tahunan, dari Kecamatan langsung berlanjut ke tingkat Kabupaten lanjut ke tingkat Provinsi dan Nasional nantinya, juga saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh panitia dan para guru serta orang tua siswa yang telah mendukung kegiatan program ini, Alhamdulillah acara berjalan aman,lancar tidak ada kendala apapun. Pungkas Hj.Nurhayati Eka.
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Kecewa Pelayanan Buruk RSUD Kayuagung, Qiqi Anggota Sat Pol PP OKI Viralkan di Medos

KAYU AGUNG, memo-pagi.com - Qiqi salah satu anak seorang pasien penyakit mata merasa kecewa dengan… Read More

7 jam ago
  • MEMO PAGI

Tk Koper Satgas Yonif 509 Kostrad membagikan Al-Kitab kepada salah satu Tokoh Pemuda di Intan Jaya.

INTAN JAYA, memo-pagi.cim - Dalam rangka memupuk Solidaritas umat beragama, TK Koper Satgas Yonif 509… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Pemkab Luncurkan Implementasi dan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan

BANGKALAN, memo -pagi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan, Moh Taufan Zairinsjah, mewakili Penjabat (Pj)… Read More

11 jam ago
  • MEMO PAGI

Pembukaan Jatim Coffee & Trade Fest Di KCM Jember Oleh MAKI Jatim

JEMBER, memo-pagi.com - Luar biasa LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menggelar Jatim Coffee and… Read More

24 jam ago
  • MEMO PAGI

Terkait Pemekaran Desa Jenggawah Masyarakat Datangi DPMD Kabupaten Jember

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah musyawarah bersama dan Sesuai arahan Kepala Desa Jenggawah, akhirnya Perwakilan Masyarakat… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BPWS Di Desa Sukolilo Barat Diduga Adanya Kejanggalan Dalam Kasus Penegakan Hukum

BANGKALAN, memo-pagi.com - Kamis.23 Mei 2024, Dalam permasalahan dugaan kasus korupsi pengadaan tanah BPWS di… Read More

1 hari ago