MEMO PAGI

Ditpolairud Polda Jatim Siagakan Kapal Patroli Jamin Keamanan di Selat Bali Selama Nataru

BANYUWANGI, memo-pagi.com – Mengantisipasi gangguan kamtibmas pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ( Nataru ) Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jatim menyiagakan sejumlah kapal Patroli di Selat Bali.

Direktur Polisi Perairan dan Udara Polda Jatim, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan,penempatan kapal ini untuk memastikan keamanan Selat Bali selama Nataru 2024.

“Pengamanan ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap potensi gangguan kemanan selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,”ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Selain armada kapal, pihaknya juga menempatkan puluhan personel Ditpolairud dan tiga kapal patroli yang nantinya dikerahkan untuk menjaga keamanan di selat Bali.

Adapun kapal yang diterjunkan dua diantaranya kapal jenis Kapal Polisi (KP) Patroli tipe X 2006, KP tipe X 2001, dan KP Kasturi tipe B1 dengan kapasitas besar.

Tujuannya untuk membantu kapal angkutan penumpang yang mengalami kendala, serta difungsikan untuk mengakut penumpang jika kapal di ASDP melebihi Kapasitas.

“Personel yang kita siapkan tipe B1 sekitar 26 orang, kemudian dua kapal patroli masing-masing 10 orang. Jadi kurang lebih personel ada 46 orang,” paparnya.

Keseluruhan kata Kombes Arman, Ditpolairud Polda Jatim setidaknya mengerahkan 50 kapal yang disebar ke sejumlah perairan di Jatim.

“Kapal dari Direktorat Polair, kita sebar setiap harinya melaksanakan kegiatan patroli untuk menentukan titik yang dianggap rawan. Misal, berhubungan dengan arus dan lainya,” jelas Kombes Arman.

Ia menambahkan, operasi Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan Nataru ini akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2023.

Sementara untuk pengamanan Nataru di jalur laut, akan dilakukan sampai dengan 3 Januari 2024. Khusus di Selat Bali, kegiatan operasi akan dimulai pada 20 Desember 2023.

“Harapanya dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak bepergian dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, NTB dan NTT, begitupun sebaliknya,” pungkas Kombes Arman. (dik)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BPWS Di Desa Sukolilo Barat Diduga Adanya Kejanggalan Dalam Kasus Penegakan Hukum

BANGKALAN, memo-pagi.com - Kamis.23 Mei 2024, Dalam permasalahan dugaan kasus korupsi pengadaan tanah BPWS di… Read More

1 jam ago
  • MEMO PAGI

Dr. Hj. Faida, MMR & H. Karimullah Dahrujiadi, S.P Semakin Kuat Untuk Menjadi Pasangan Pikada Jember 2024

JEMBER, memo-pagi.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jember H. Karimullah Dahrujiadi, S.P… Read More

4 jam ago
  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Suryadi Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri Pakusari

JEMBER, memo-pagi.com - Pada hari Rabu 23 Mei 2024, SMA Negeri Pakusari mengadakan acara pelepasan… Read More

4 jam ago
  • MEMO PAGI

Pj Bupati Bangkalan Hadiri Pelepasan Road Bus KPK

BANGKALAN, memo-pagi.com - Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Dr Arief M Edie menghadiri seremoni pelepasan Road… Read More

5 jam ago
  • MEMO PAGI

SMA Negeri 1 Arosbaya Gelar Purna Siswa Angkatan 31 Tahun Pelajaran 2023-2024 di Gedung Rato Ebuh Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com – Momen penting SMA Negeri 1 Arosbaya kini baru selesai digelar berupa penyelenggaraan… Read More

5 jam ago
  • MEMO PAGI

33 Titik Ruas Jalan Kabupaten Akan Diperbaiki Tahun Ini, Sebagian Menggunakan E-Katalog

BANGKALAN, memo-pagi.com - Selasa 21 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berencana akan memperbaiki 33… Read More

5 jam ago