MEMO PAGI

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri Tim Satgas Pangan Polda Jatim akan Lebih Intensif Lakukan Operasi Pasar

SURABAYA, memo-pagi.com – Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim Kombes Pol Lutfie Sulistiawan, bersama Tim Satgas Pangan Daerah, akan terus melakukan pengawasan dilapangan, dalam mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan Bahan Pokok Penting (Bapokting), dalam rangka menghadapi Idul Fitri 1445 H.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Kombes Pol Lutfie Sulistiawan, saat melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) bersama Tim Satgas Pangan Daerah dan Satgas Pangan Jajaran melalui Zoom Meeting, pada Rabu (6/3/2024).

“Menjelang bulan Ramadhan ini bisa dipastikan kebutuhan masyarakat atau Bapokting akan meningkat, sehingga berpotensi membuat harga meningkat,” kata Kombes Pol Lutfie.

Dirreskrimsus Polda Jatim juga menegaskan, agar Satgas Pangan Daerah secara struktural, akan menyesuaikan Satgas Pangan Pusat, yaitu dengan menggandeng Ditintelkam dan Bidhumas dalam Satgas Pangan.

“Ketiga komponen ini harus selaras dalam melaksanakan tugas Satgas Pangan,”terang Kombes Pol Lutfie.

Ia juga menjelaskan, pelibatan Ditintelkam dalam rangka menselaraskan perkembangan harga Bapokting dan sebagai deteksi dini, sedangkan pelibatan Humas dalam Satgas Pangan untuk publikasi kegiatan, bahwa ketersediaan stok Bapokting tercukupi, sehingga membuat masyarakat lebih tenang.

“Terhitung hingga saat ini harga Beras Premium, Beras Medium dan Tepung Terigu memiliki harga dengan tren menurun. Stok Beras hingga lebaran aman sebanyak 173.795 ton,” ungkap Kombes Lutfie.

Namun demikian, lanjut Kombes Pol Lutfie terdapat kenaikan tren harga pada komoditas Cabe Rawit Merah dengan kenaikan cukup signifikan sebesar 825 rupiah. Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada Telur Ayam dan Daging Ayam.

“Diharapkan Kasatreskrim juga melakukan pemetaan harga Bapokting diwilayahnya masing-masing,”lanjut Kombes Lutfie.

Ia juga telah memerintahkan kepada jajarannya atau Tim Satgas Pangan untuk melakukan operasi pasar, guna menjaga ketersediaan stok dan kestabilan harga Bapokting. (dik)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BPWS Di Desa Sukolilo Barat Diduga Adanya Kejanggalan Dalam Kasus Penegakan Hukum

BANGKALAN, memo-pagi.com - Kamis.23 Mei 2024, Dalam permasalahan dugaan kasus korupsi pengadaan tanah BPWS di… Read More

34 menit ago
  • MEMO PAGI

Dr. Hj. Faida, MMR & H. Karimullah Dahrujiadi, S.P Semakin Kuat Untuk Menjadi Pasangan Pikada Jember 2024

JEMBER, memo-pagi.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jember H. Karimullah Dahrujiadi, S.P… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Suryadi Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri Pakusari

JEMBER, memo-pagi.com - Pada hari Rabu 23 Mei 2024, SMA Negeri Pakusari mengadakan acara pelepasan… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

Pj Bupati Bangkalan Hadiri Pelepasan Road Bus KPK

BANGKALAN, memo-pagi.com - Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Dr Arief M Edie menghadiri seremoni pelepasan Road… Read More

4 jam ago
  • MEMO PAGI

SMA Negeri 1 Arosbaya Gelar Purna Siswa Angkatan 31 Tahun Pelajaran 2023-2024 di Gedung Rato Ebuh Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com – Momen penting SMA Negeri 1 Arosbaya kini baru selesai digelar berupa penyelenggaraan… Read More

4 jam ago
  • MEMO PAGI

33 Titik Ruas Jalan Kabupaten Akan Diperbaiki Tahun Ini, Sebagian Menggunakan E-Katalog

BANGKALAN, memo-pagi.com - Selasa 21 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berencana akan memperbaiki 33… Read More

4 jam ago