MEMO PAGI

Polres Bondowoso Siapkan Personel Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

BONDOWOSO, memo-pagi.com – Hujan mulai mengguyur beberapa wilayah di Jawa Timur beberapa hari ini.

Menghadapi musim penghujan itu jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) di masing wilayah pun menyiapkan sarana prasarana penanggulangan bencana terutama pada wilayah yang rawan terjadi bencana.

Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH. S.I.K melalui Wakapolres Bondowoso Kompol Joes Indra Lana Wira, SH mengatakan, pihak Polres Bondowoso Polda Jatim bersama Forkopimda setempat telah menyiapkan personel dan peralatan untuk atisipasi bencana.

“Kami sudah melaksanakan Apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi tahun 2023-2024 di wilayah Kabupaten Bondowoso, untuk mengecek kesiapan personel dan peralatan,” kata Kompol Joes Indra Lana Wira, Kamis (30/11 2023).

Apel dilaksanakan di lapangan Mapolres Bondowoso dan diikuti oleh seluruh jajaran Polres Bondowoso, Kodim Bondowoso, 514 Raider, Brimob, BPBD, Satpol PP, Damkar, Tagana, Perhutani, SAR, serta Dinas Perhubungan Bondowoso.

“Ada beberapa titik rawan di Kabupaten Bondowoso, yang memungkinkan terjadinya longsor dan banjir, untuk itu kami siagakan personel dan peralatan untuk penanganan jika sewaktu – waktu terjadi bencana,” terang Kompol Joes Indra.

Pihaknya bersama TNI dan Pemkab Bondowoso juga telah melakukan mitigasi bencana untuk mendata wilayah rawan terjadi banjir maupun longsor.

“Kami bersinergi bersama rekan – rekan TNI dan Pemkab juga telah menyiapkan pola – pola penyelamatan warga dengan menyiapkan jalur evakuasi jika terjadi bencana,” tambahnya.

Wakapolres Bondowoso juga menghimbau warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungannya masing – masing terutama yang masuk peta rawan bencana.

“Saat musim hujan, lakukan hal-hal yang dapat meminimalkan bencana seperti berpola hidup sehat tidak membuang sampah di saluran air, lakukan pemangkasan dahan pohon yang tinggi, agar terhindar dari tumbangnya pohon terkena terjangan angin, “tutur Wakapolres Bondowoso.

Tak hanya itu saja, Wakapolres juga memerintahkan personel di jajarannya, agar memberikan himbauan kepada masyarakat untuk waspada dan selalu memperhatikan peringatan yang telah terpasang sejak dini.

“Kita berdoa saja semoga kita dijauhkan dari bencana alam,” pungkasnya. (dik)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Kecewa Pelayanan Buruk RSUD Kayuagung, Qiqi Anggota Sat Pol PP OKI Viralkan di Medos

KAYU AGUNG, memo-pagi.com - Qiqi salah satu anak seorang pasien penyakit mata merasa kecewa dengan… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Tk Koper Satgas Yonif 509 Kostrad membagikan Al-Kitab kepada salah satu Tokoh Pemuda di Intan Jaya.

INTAN JAYA, memo-pagi.cim - Dalam rangka memupuk Solidaritas umat beragama, TK Koper Satgas Yonif 509… Read More

9 jam ago
  • MEMO PAGI

Pemkab Luncurkan Implementasi dan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan

BANGKALAN, memo -pagi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan, Moh Taufan Zairinsjah, mewakili Penjabat (Pj)… Read More

13 jam ago
  • MEMO PAGI

Pembukaan Jatim Coffee & Trade Fest Di KCM Jember Oleh MAKI Jatim

JEMBER, memo-pagi.com - Luar biasa LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menggelar Jatim Coffee and… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Terkait Pemekaran Desa Jenggawah Masyarakat Datangi DPMD Kabupaten Jember

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah musyawarah bersama dan Sesuai arahan Kepala Desa Jenggawah, akhirnya Perwakilan Masyarakat… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BPWS Di Desa Sukolilo Barat Diduga Adanya Kejanggalan Dalam Kasus Penegakan Hukum

BANGKALAN, memo-pagi.com - Kamis.23 Mei 2024, Dalam permasalahan dugaan kasus korupsi pengadaan tanah BPWS di… Read More

1 hari ago