MEMO PAGI

Polresta Banyuwangi Lakukan Pengamanan, Event Balap Sepeda Dekade Ride API Aman dan Lancar

BANYUWANGI, memo-pagi.com – Polresta Banyuwangi menyiapkan secara maksimal melakukan pengamanan event balap sepeda dalam rangka memperingati satu dekade Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi.

Kali ini, perguruan tinggi penerbangan di Bumi Blambangan menggelar event balap sepeda yang bertajuk ‘Dekade Ride by API Banyuwangi’, pada, Minggu (26/11/2023).

Diikuti oleh para pembalap sepeda baik amatir hingga profesional, event balap sepeda bertaraf nasional yang digeber oleh API Banyuwangi ini, sukses menarik ratusan rider yang terdiri dari 15 provinsi dan 52 kota di Indonesia untuk berkumpul di kabupaten yang terletak paling ujung timur Pulau Jawa.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa melalui Kabagops Kompol Idham Kholid berharap, semoga API Banyuwangi bisa lebih eksis lagi. Terutama dalam rangka melakukan pendidikan dan pelatihan dibidang penerbang serta program studi pendungkungnnya.

“API Banyuwangi telah menunjukkan perkembangan pesat yang luar biasa. Hal ini ditandai dengan kerjasama dan taruna taruni yang meningkat pada setiap tahun,” terangnya.

Kabagops menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pengamanan mulai dari pengawalan, pengamanan di garis Start, pengamanan di sepa jang jalur yang dilewati peserta, di simpang-simpang rawan kemacetan dan ramai kendaraan hingga pengamanan di garis finish.

“Pengamanan yang kami lakukan melibatkan kodim, lanal, polresta, linmas, senkom mitra polri, serta beberapa kecamatan yang turut mendukung pengamanan acara yang digelar Akademi Penerbangan Indonesia (API),” tegas Kabagops.

Pelepasan peserta event balap sepeda dilakukan langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, dengan didampingi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara, Achmad Setiyo Prabowo dan Direktur API Banyuwangi, Capt. Daniel Dewantoro Rumani.

Ipuk mengucapkan selamat kepada API Banyuwangi yang telah berdiri selama 10 tahun di Bumi Blambangan dan berkontribusi terhadap peningkatan SDM di wilayah ini.

“Semoga API Banyuwangi bisa terus meningkat, dan terus bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan SDM di dunia penerbangan,” kata orang nomor satu di Bumi Blambangan usai melakukan pelepasan peserta balap sepeda.

Selain itu, Ipuk juga memberikan apresiasi kepada API Banyuwangi karena sudah melibatkan kegiatannya dengan menampilkan atau melibatkan UMKM lokal.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga berdampak promosi pada Banyuwangi untuk semakin dikenal lebih luas lagi,” ujarnya.

Perjalanan ratusan pembalap sepeda dimulai dari depan jalan sekolah API Banyuwangi yaitu jalan Blimbingsari. Kemudian, peserta menuju ke arah Songgon dan kembali lagi ke API Banyuwangi dengan total jarak tempuh 91,5 Km.

Rute balap sepeda tersebut mengelilingi pemandangan alam persawahan yang memukau serta melintasi pedesaan di Banyuwangi.

Tentu, hal ini akan menyajikan suasana yang tak terlupakan bagi para peserta luar daerah seperti Jayapura dan Aceh untuk menikmati keindahan Banyuwangi.

Direktur API Banyuwangi, Capt. Daniel Dewantoro Rumani menyampaikan, bahwa agenda satu dekade API Banyuwangi telah berlangsung beberapa hari lalu.

“Selain event balap sepeda, API Banyuwangi juga menggelar perlombaan badminton, volly, basket, tenis meja dan lapangan,” ujarnya. (dik)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Kecewa Pelayanan Buruk RSUD Kayuagung, Qiqi Anggota Sat Pol PP OKI Viralkan di Medos

KAYU AGUNG, memo-pagi.com - Qiqi salah satu anak seorang pasien penyakit mata merasa kecewa dengan… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Tk Koper Satgas Yonif 509 Kostrad membagikan Al-Kitab kepada salah satu Tokoh Pemuda di Intan Jaya.

INTAN JAYA, memo-pagi.cim - Dalam rangka memupuk Solidaritas umat beragama, TK Koper Satgas Yonif 509… Read More

9 jam ago
  • MEMO PAGI

Pemkab Luncurkan Implementasi dan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan

BANGKALAN, memo -pagi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan, Moh Taufan Zairinsjah, mewakili Penjabat (Pj)… Read More

13 jam ago
  • MEMO PAGI

Pembukaan Jatim Coffee & Trade Fest Di KCM Jember Oleh MAKI Jatim

JEMBER, memo-pagi.com - Luar biasa LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menggelar Jatim Coffee and… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Terkait Pemekaran Desa Jenggawah Masyarakat Datangi DPMD Kabupaten Jember

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah musyawarah bersama dan Sesuai arahan Kepala Desa Jenggawah, akhirnya Perwakilan Masyarakat… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BPWS Di Desa Sukolilo Barat Diduga Adanya Kejanggalan Dalam Kasus Penegakan Hukum

BANGKALAN, memo-pagi.com - Kamis.23 Mei 2024, Dalam permasalahan dugaan kasus korupsi pengadaan tanah BPWS di… Read More

1 hari ago