MEMO PAGI

Universitas Hang Tuah Menjamin Kualitas Lulusan Melalui:Asesmen Lapangan BAN-PT Menuju Words Class University

SURABAYA, memo-pagi.com – 16 Maret 2024, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan, Universitas Hang Tuah (UHT) menyambut Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UHT Prof. Dr. Ir. H. Supartono, MM., CIQaR, di ruang seminar P. Enggano Rektorat UHT. Jln Rahman Hakim 150 ,Surabaya didampingi Wakil Rektor I-III, Wakil Yayasan Nala, dan seluruh pejabat universitas.

Sebelum acara di mulai tim assesor disuguhi pertunjukan genderang Gita Jalasena dari Fakultas Vokasi pelayaran (FVP) UHT.Hadir sebagai Tim Asesor adalah Prof.Dr. Dewi Susanna, Dra. M.Kes (UI), Prof., Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc (IPB), , Prof. Dr. FR, Mella Ismelina Farma Rahayu. S.H., M.Hum (UNTAR), serta Adi Putro Hastariyadi, S.Pd., MM sebagai staf BAN-PT.

Turut hadir secara daring Prof. Dr. Drs. L. Poltak Sinambela, M.M. Kegiatan assessment Lapangan diadakan selama 3 hari, tanggal 15-17 Maret 2024.Pada hari pertama, Tim Asesor meninjau fasilitas Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) , Kapal Simulasi Fakultas Vokasi Perkapalan(FVP), serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UHT.

Pada hari kedua dan menghadirkan Mahasiswa, tenaga kependidikan(Tendik), Dosen, alumni UHT dan pengguna alumni (Stakeholder) UHT.

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan bahwa Asesmen Lapangan merupakan bagian penting dari proses akreditasi yang berkaitan dengan penilaian mutu terkait input, proses, output, outcomes, dan sistem manajemen mutu pendidikan. Akreditasi sangat penting bagi keberlangsungan institusi dalam menjalankan visi dan misi serta menjamin kualitas pendidikan dan lulusan. “Peraturan pemerintah menegaskan penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi oleh BAN-PT dan lembaga akreditasi mandiri. Eksistensi akreditasi merupakan langkah tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas lulusan,” tegas Rektor.

UHT yang berdiri tahun 1987 di bawah Yayasan Nala merupakan wujud komitmen TNI AL dalam pengembangan pendidikan tinggi. Kini, universitas tersebut telah berusia 37 tahun dengan berbagai kemajuan yang diraih berkat dukungan Yayasan dalam pengembangan institusi, program studi, sarana prasarana, dan mutu lulusan.Selaras dengan visi menjadi pusat pengembangan SDM kemaritiman dan IPTEKS kelautan berkelas dunia, civitas akademika UHT berkomitmen kuat mencapainya melalui misi yang berlandaskan disiplin, profesional, dan moral.

“Kami menyambut baik kehadiran Tim Asesor BAN-PT di UHT. Semoga asesmen lapangan ini yang dekat dengan Dies Natalis ke-37 pada Mei nanti dapat menjadi momentum pencapaian akreditasi unggul bagi Universitas Hang Tuah,” pungkas Rektor

Dalam sambutan Prof. Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc. mewakili tim aksesor mengatakan “kita kesini bukan sebagai polisi atau jaksa yang menghakimi, mencari kesalahan tetapi berdiskusi tentang kemajuan pendidikan di UHT”.

Setelah acara utama selesai dilaksanakan, dilakukan penandatanganan berkas oleh para asesor yang hadir. Kemudian, penyerahan berita acara acara kepada pihak terkait sebagai dokumentasi resmi. Selain itu, panitia juga menyerahkan cindera mata kepada para asesor dan perwakilan dari BAN – PT sebagai kenang-kenangan.

Tak ketinggalan, momen istimewa diabadikan dengan sesi foto bersama Rektor UHT sebagai tuan rumah acara. (Kominfo UHT 2024/Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Kepada 234 Siswa Kelas XII

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah melalui proses belajar yang panjang selama 3 tahun serta menyelesaikan Ujian… Read More

14 jam ago
  • MEMO PAGI

Penyerahan Simbolis Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat di Gedung Manunggal, Kodim 0829/Bangkalan Melaksanakan penyerahan simbolis bantuan pompa air… Read More

19 jam ago
  • MEMO PAGI

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad di Mabrigif 9/DY/2 Kostrad

JEMBER, memo-pagi.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.( Han).… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA (Memborong Hasil Tani) mama papua sampai Habis Ludes.

INTAN JAYA, memo-pagi.com - Satgas Yonif 509 Kostrad melalui TK Holomama ROSITA (Memborong Hasil Tani)… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Ojo lali Moco Sholawat, Wes Wayae Kiyai Jadi Bupati Jember

JEMBER, memo-pagi.com -  Ojo Lali Moco Sholawat, Sarasehan Kesenjangan Akses Masyarakat  Miskin Atas Pendidikan yang… Read More

2 hari ago
  • MEMO PAGI

Polda Jatim Amankan Seorang Oknum PNS dan Enam Orang Lainnya Diduga Terlibat Pesta Pil Ekstasi

SURABAYA, memo-pagi.com - Unit I Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur, mengungkap… Read More

2 hari ago