MEMO PAGI

UPTD SDN Kraton 02 Bangkalan: Bangun Karakter Siswa-Siswi lewat Pondok Pesantren Kilat

BANGKALAN, memo-pagi.com – Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh barokah, bulan penuh ampunan, bulan melipat gandakan pahala dan turunnya lailatul qodar. Pada bulan ini puluhan siswa / siswi SDN Kraton 02 Bangkalan, Kecamatan kota Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Rabu (27/03/2024) memanfaatkan bulan Ramadhan untuk dijadikan sarana belajar dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui beberapa kegiatan yang terangkum dalam kegiatan Pondhok Pesantren Kilat.

Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan merupakan amalan-amalan wajib dan beberapa amalan sunah. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah
dan di luar lingkungan sekolah, yang melibatkan semua dewan guru, komite sekolah, perwakilan paguyuban wali murid, di sekitar lingkungan sekolah.

Menurut kepala sekolah SDN Kraton 02 Bangkalan,Plt.Siti Hodijah.M.Pd,Tujuan diselenggarakannya pesantren kilat tersebut untuk melatih siswa – siswa agar sabar melewati puasa,memupuk keimanan dan ketakwaan, dasar-dasar dan tambahan wawasan yang materi pelajaran kemarin tidak ada, kalau kemarin bab puasa, sekarang bab taraweh langsung sama prakteknya. ” Tandasnya.

Tak hanya itu siswa siswi juga dilatih menerapkan amalan-amalan wajib seperti puasa wajib di bulan Ramadhan, sholat wajib, dan membayar zakat. Sedang amalan-amalan sunah antara lain : membaca Al-Qur’an, menyegerakan buka, kajian Islam, dan sholat tharaweh. Pembiasaan untuk selalu berusaha menghindari marah dan bohong, yang akan merusak pahala puasa.

Siswa-siswa dilatih agar sabar melewati puasa, diadakan pula banyak kegiatan permainan secara individu maupun kelompok. Hal ini dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian anak- anak dari rasa lapar selama puasa. Kegiatan-kegiatan diatas dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Nur Kholidah dan Juhairiyah, selaku guru agama yang ikut dalam kegiatan ,merasa bangga sekali terhadap pelaksanaan program Pendidikan di SDN Kraton 02 Bangkalan dimana mereka melibatkan tokoh masyarakat. Menurutnya selaku guru agama mempunyai kewajiban untuk mendukung sepenuhnya giat pondok Ramadhan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan SDN Kraton 02 tersebut.

“Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lembaga pendidikan SDN Kraton 02, komite sekolah dan paguyuban orang tua murid serta pihak pihak lain yang mendukung kegiatan keagamaan ini, “Terangnya.

Hal yg sama juga dilakukan oleh siswa siswi SDN Kraton 2 mulai awal bulan puasa dengan melakukan kegiatan rutin adanya tadarus bersama yang dilakukan diluar jam pelajaran dari jam 07.00 – 08.00 secara bergantian sehingga tidak mengganggu jam pelajaran disampaikan oleh ketua komite , ” Mudah mudahan kegiatan ini diberikan manfaat yang baik bagi kita semua, khususnya kepada bapak/ guru dan komite, ” Katanya.

Dia menegaskan, ” Ayo kegiatan ini kita jadikan pelajaran, bahwa menjadi anak yang Soleh itu tidak harus mondok, menjadi anak yang pintar itu tidak harus keluar negeri, inilah pendidikan awal siswa -siswi, karena disini di ajari bagaimana sholat, toraweh bahkan bagaimana Mbilali dan kita praktekkan pada hari ini, ” ucap Ketua Komite

Bersyukur kepada Allah SWT dimana dalam giat pondok Ramadhan kilat yang kita selenggarakan pada hari ini di hadiri kepala sekolah Siti Hodijah beserta para guru berkenan hadir, juga ketua komite sekolah dan paguyuban orang tua murid.”ucapnya.
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Gebuk….!!!: Mafia Tanah Bangkalan Menjadi Surganya Bagi Para ” Mafia Tanah “

BANGKALAN, memo-pagi.com - 6 Juli 2024, Bangkalan yang dikenal dengan nama Kota Dhikir dan Shalawat,… Read More

6 hari ago
  • MEMO PAGI

Kapolres Bangkalan Gelar “Piramida” Bersama Awak Media Wujudkan Kamtibmas Jelang Pemilukada

BANGKALAN, memo-pagi.com - Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Pagu Siswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 SMPN 2 Bangkalan Kini Telah Terpenuhi Sebanyak 320 Siswa Baru

BANGKALAN, memo-pagi.com — Dalam momen PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 2 Bangkalan… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Berikan Ucapan HUT Bhayangkara Ke 78, Danramil Burneh Kunjungi Mapolsek Burneh

BANGKALAN, memo-pagi.com – Danramil 0829-04/Burneh, Kapten Inf Edi Kuswoyo Hadi dan jajaranya melakukan kunjungan ke… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kodim 0829/Bangkalan Laksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah

BANGKALAN, memo-pagi.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Warga Desa Sumber Salak Bersyukur dan Bahagia Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras.

JEMBER, memo-pagi.com - Berjalan lancar pendistribusian Bantuan Pangan berupa beras sebanyak 1369 penerima manfaat,  disambut … Read More

1 minggu ago