MEMO PAGI

Cegah Hoax: Talk Show Ikatan Wanita Persatuan Universitas Hang Tuah

SURABAYA.memo-pagi.com. – 18 Janauri 2024 di Gedung Graha Samudera Ganesha Universitas Hang Tuah, ibu-ibu yang tergabung dalam kegiatan IWP (Ikatan Wanita Persatuan) Universitas Hang Tuah mengadakan pertemuan rutin 2 Bulan sekali.

Acara ini di pimpin oleh Ibu Sri Retno Supartono selaku Ketua IWP Universitas Hang Tuah yang menggagas pertemuan bagi ibu-ibu IWP yang ada di lingkungan Universitas Hang Tuah.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah yang luar biasa bagi kita para wanita tempat di mana kita dapat bersatu, berbagi, dan saling memberikan dukungan. “Sebagai Ketua IWP, saya memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya berkembang dalam segi pribadi, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan Universitas Hang Tuah” Ujar Bu Rektor.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu WR II, Ibu WR III, Ibu para Dekan yang ada di lingkup Universitas Hang Tuah, Ibu dari para Ka. Satker, serta semua ibu-ibu Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Hang Tuah.

Pembina kegiatan IWP adalah Bapak Rektor Universitas Hang Tuah Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR. Beliau menyebutkan Pertemuan IWP Universitas Hang Tuah kali ini bertemakan “LITERASI DIGITAL UNTUK MENGANTISIPASI INFORMASI HOAX”.

Dengan berkembangnya era digital, barulah muncul istilah literasi digital yang selanjutnya dimaknai dengan kemampuan untuk memahami informasi berdasarkan format digital seperti kata-kata, rekaman suara, dan gambar yang melebur jadi satu.

Media sosial merupakan salah satu contoh dari perkembangan teknologi. Media sosial berfungsi sebagai platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video. Pekembangan informasi yang semakin pesat selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif, salah satunya yaitu munculnya informasi palsu atau lebih dikenal dengan istilah “HOAX”.

HOAX merupakan informasi tidak benar yang dibuat sedemikian rupa hingga seolah-olah benar adanya.“Menjamurnya berita palsu/HOAX yang beredar pada media sosial di Indonesia seakan menjadi mata rantai yang tak ada ujungnya apalagi akhir-akhir ini dimana Negara kita Indonesia yang sebentar lagi akan merayakan pesta Demokrasi dimana masyarakat rentan untuk terpapar berita hoax. Pemberitaan invalid tersebut dapat memicu adanya kegaduhan dan fitnah pada masyarakat” jelas Bapak Rektor.

Untuk mencegah hal tersebut hadir 2 (Dua) narasumber yaitu Dr. Dyiah Eko Setyowati, S.E., M.M. Dosen FISIP Universitas Hang Tuah yang akan memberikan talk show dengan judul “Smart on Line” dan Dr. Elli Setiyo Wahyuni, S.Pd., M.Pd Dosen FISIP Universitas Hang Tuah yang akan memberikan talk show tentang “Framing Media”.

Semoga kegiatan ini tetap dilaksanakan rutin setiap 2 bulan sekali dan sebagai agen perubahan yang positif berdaya guna. Kerja sama dan dedikasi ibu-ibu akan mampu mencapai prestasi dan memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar khususnya di Universitas Hang Tuah.
(R.A.B)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Kepada 234 Siswa Kelas XII

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah melalui proses belajar yang panjang selama 3 tahun serta menyelesaikan Ujian… Read More

14 jam ago
  • MEMO PAGI

Penyerahan Simbolis Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat di Gedung Manunggal, Kodim 0829/Bangkalan Melaksanakan penyerahan simbolis bantuan pompa air… Read More

19 jam ago
  • MEMO PAGI

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad di Mabrigif 9/DY/2 Kostrad

JEMBER, memo-pagi.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.( Han).… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA (Memborong Hasil Tani) mama papua sampai Habis Ludes.

INTAN JAYA, memo-pagi.com - Satgas Yonif 509 Kostrad melalui TK Holomama ROSITA (Memborong Hasil Tani)… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Ojo lali Moco Sholawat, Wes Wayae Kiyai Jadi Bupati Jember

JEMBER, memo-pagi.com -  Ojo Lali Moco Sholawat, Sarasehan Kesenjangan Akses Masyarakat  Miskin Atas Pendidikan yang… Read More

2 hari ago
  • MEMO PAGI

Polda Jatim Amankan Seorang Oknum PNS dan Enam Orang Lainnya Diduga Terlibat Pesta Pil Ekstasi

SURABAYA, memo-pagi.com - Unit I Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur, mengungkap… Read More

2 hari ago