MEMO PAGI

Budidaya Perdana Rumput Laut di Bangkalan, Pj Bupati: Bisa Jadi Lahan Baru Masyarakat

BANGKALAN, memo-pagi.com – Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie menghadiri acara penanaman perdana rumput laut di Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis, Rabu (24/1/2024).

Penanaman rumput laut tersebut hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dengan Jeeva Nusantara.

Diharapkan penanaman rumput laut itu bisa menjadi lahan rezeki baru bagi masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Ko’ol dan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Bangkalan saat turun langsung ikut menanam rumput laut di pinggir laut Desa Ko’ol.

“Diharapkan masyarakat punya lahan penghasilan baru sehingga bisa memutar roda perekonomian di Kabupaten Bangkalan,” ujarnya.

Setelah itu kata dia, keberadaan lahan rumput laut di Kabupaten Bangkalan dapat menciptakan pengusaha muda yang nantinya ikut mengembangkan olahan rumput laut.

“Jika sudah tercipta pengusaha-pengusaha yang handal maka secara otomatis akan tercipta lapangan pekerjaan baru bagi anak-anak muda sekitar,” imbuhnya.

Menurutnya masyarakat Kabupaten Bangkalan tidak perlu lagi merantau keluar negeri untuk mencari nafkah. Generasi muda Bangkalan harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Upaya untuk membangun perekonomian masyarakat Bangkalan adalah dengan melakukan perputaran uang di dalam daerah Kabupaten Bangkalan, ” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa rumput laut tidak memerlukan perawatan yang sulit, tidak membutuhkan pupuk dan setelah dipanen bisa langsung dijual.

“Selain itu juga bisa dijadikan olahan makanan sendiri yang bisa dikembangkan,” tuturnya.

Ia mengimbau para Kepala Desa (Kades) yang memiliki daerah pesisir laut untuk ikut mengembangkan tanaman rumput laut ini lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimiliki.

“BUMDes harus kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru salah satunya dengan membudidayakan tanaman rumput laut ini,” pungkasnya.
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Kepada 234 Siswa Kelas XII

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah melalui proses belajar yang panjang selama 3 tahun serta menyelesaikan Ujian… Read More

14 jam ago
  • MEMO PAGI

Penyerahan Simbolis Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat di Gedung Manunggal, Kodim 0829/Bangkalan Melaksanakan penyerahan simbolis bantuan pompa air… Read More

19 jam ago
  • MEMO PAGI

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad di Mabrigif 9/DY/2 Kostrad

JEMBER, memo-pagi.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.( Han).… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA (Memborong Hasil Tani) mama papua sampai Habis Ludes.

INTAN JAYA, memo-pagi.com - Satgas Yonif 509 Kostrad melalui TK Holomama ROSITA (Memborong Hasil Tani)… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Ojo lali Moco Sholawat, Wes Wayae Kiyai Jadi Bupati Jember

JEMBER, memo-pagi.com -  Ojo Lali Moco Sholawat, Sarasehan Kesenjangan Akses Masyarakat  Miskin Atas Pendidikan yang… Read More

2 hari ago
  • MEMO PAGI

Polda Jatim Amankan Seorang Oknum PNS dan Enam Orang Lainnya Diduga Terlibat Pesta Pil Ekstasi

SURABAYA, memo-pagi.com - Unit I Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur, mengungkap… Read More

2 hari ago