MEMO PAGI

KUA Patrang Bersama Camat, Puskesmas dan Desa Kerja Sama Menurunkan Angka Stunting dan Pernikahan Dini

JEMBER, memo-pagi.com – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember  bekerja sama dengan Pihak Kecamatan, Puskesmas serta Desa  untuk melakukan sosialisasi penurunan stunting dan pernikahan dini.

Kepala KUA Kecamatan Patrang, Zaenal Arifin S.Ag.M.Sy. menjelaskan,kamis (4/1/2024). Sesuai dengan undang-undang pernikahan usia laki-laki dan perempuan 19 tahun, jika ada calon pengantin di bawah 19 tahun, maka kami selaku petugas dari KUA membuat surat penolakan ada dua jalan yang harus ditempuh oleh pengantin.

Pertama menunda usianya sampai usianya cukup, kalau tetap mau melanjutkan  pernikahan dipersilahkan untuk dispensasi usia nikah di pengadilan, jadi KUA bisa melakukan pernikahan meskipun usianya  kurang dari 19 tahun, manakala sudah ada putusan pengadilan tentang dispensasi usia nikah.

Selama ini di Kecamatan Patrang sudah berjalan  beberapa kali seperti itu mereka juga mengajukan ke pengadilan dan sudah ada putusannya baru bisa dilaksanakan pernikahan.

Kalau angka penceraian Pengadilan yang tau datanya, penyebab pencarian memang  banyak faktor seperti  pernikahan dini, ekonomi pemicu kebanyakan memang faktor ekonomi dan tidak ada kesiapan dari kedua membelai.

Memang awalnya sama-sama senang kemudian menikah,  ketika sudah menikah dituntut kebutuhan keluarga nah ini baru terjadi diawali dengan percekcokan oleh keduanya sehingga memutuskan perceraian.

Untuk mengurangi angka penceraian dan yang menjadi sorotan sekarang adalah stunting, yang disebabkan salah satunya pernikahan dini, jadi kita sering diajak oleh pihak Kecamatan dan Puskesmas memberikan  pencerahan lewat para penyuluh, moden, untuk masyarakat yang mau menikah, ketika usianya kurang kami mohon untuk di tunda pernikahannya.

Memang bukan satu-satunya sebetulnya tetapi itu menjadi pemicu utama ketika ada anak yang stunting, kemudian di runtut kepada usia pernikahan dini, maka menjadi PR bersama.

Langkah dari kementerian agama sudah  tepat melakukan sosialisasi lewat para penyuluh agama Islam di sekolah-sekolah, pengajian-pengajian yang sudah kami upayakan kemudian semuanya sudah berusaha, paling tidak sudah ada penurunan angka stunting di Kabupaten Jember ini.

Harapan kami, sinergitas  yang sudah di bangun di tahun 2023, tetap bisa berjalan dengan baik, mudah mudahan bisa ditingkatkan dan mudah mudahan pula dengan semangat kepada bapak camat Patrang  yang baru kepala puskesmas beberapa kepala Desa yang baru insyaallah dengan sinergitas yang sudah di bangun mudah-mudahan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik di tahun 2024, harapnya.  (dik/cip)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

TK J2 Menyambangi Masyarakat dan Memberikan Bantuan

INTAN JAYA, memo-pagi.com – Berbagi kasih wujudkan cinta di Kabupaten Intan Jaya Papua, Satgas Yonif… Read More

16 menit ago
  • MEMO PAGI

IJTI Korda Madura Raya Pokja BangkalanGelar Aksi Tolak Draf Revisi Undang-Undang Penyiaran

BANGKALAN, memo-pagi.com - Organisasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Madura Raya, khususnya Pokja Bangkalan,… Read More

21 menit ago
  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Kepada 234 Siswa Kelas XII

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah melalui proses belajar yang panjang selama 3 tahun serta menyelesaikan Ujian… Read More

15 jam ago
  • MEMO PAGI

Penyerahan Simbolis Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat di Gedung Manunggal, Kodim 0829/Bangkalan Melaksanakan penyerahan simbolis bantuan pompa air… Read More

20 jam ago
  • MEMO PAGI

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad di Mabrigif 9/DY/2 Kostrad

JEMBER, memo-pagi.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.( Han).… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA (Memborong Hasil Tani) mama papua sampai Habis Ludes.

INTAN JAYA, memo-pagi.com - Satgas Yonif 509 Kostrad melalui TK Holomama ROSITA (Memborong Hasil Tani)… Read More

1 hari ago