MEMO PAGI

Pemkab Luncurkan Implementasi dan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan

BANGKALAN, memo -pagi.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan, Moh Taufan Zairinsjah, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie meluncurkan implementasi dan sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tahun 2024 di Kabupaten Bangkalan, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula PKPN Bangkalan itu selain dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Cabang Jawa Timur dan Bangkalan, juga dihadiri Kepala Sekolah, Guru, dan siswa-siswi SMP hingga SMA di Bangkalan.

Launching SSK juga mengundang Ketua Koordinator Dalduk BKKBN Provinsi Jawa Timur dan Kepala Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Bondowoso sebagai narasumber.
Dalam laporannya, Sudiyo, Kepala Dinas KB PPPA KabupatenBangkalan, menjelaskan bahwa SSK merupakan program kerja sama antara KB PPPA Bangkalan dengan elemen pendidikan formal untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan terkait kependudukan.

“Tujuannya adalah untuk memberikan arahan dan pedoman bagi para tenaga pengelola dan pelaksana pendidikan kependudukan di tingkat kabupaten serta guru pengampu mata pelajaran dalam memberikan wawasan pengetahuan dan menumbuhkan sikap dan perilaku yang responsif terhadap masalah kependudukan bagi para peserta didik,” ujarnya.

Sedangkan untuk output yang diharapkan adalah para tenaga didik maupun anak didik dapat memahami dan mengimplementasikan pendidikan kependudukan.

“Melalui SSK ini diharapkan tersedianya data kependudukan yang valid dan selalu diupdate di pojok kependudukan di Sekolah Siaga Kependudukan Kecamatan sampai Kabupaten, serta terjadi peningkatan usia nikah pertama minimal usia 22 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, guna mematangkan usia pernikahan dan mencegah terjadinya stunting,” lanjutnya.

Sedangkan Sekda Taufan dalam sambutannya berharap kedepan jumlah SSK di Bangkalan, baik di lembaga pendidikan formal maupun informal, akan terus bertambah setiap tahunnya.

“Siaga Kependudukan (SSK) di tingkat SMA mulai tahun 2019 di Kabupaten Bangkalan alhamdulillah hanya mempunyai 1 SSK yaitu SMAN I Bangkalan, kemudian pada tahun 2023 ada perkembangan sebanyak 5 SSK baru,” ujarnya.

“Di tahun 2024 ini, kami akan menambah SSK baru sebanyak 28 SSK tingkat SMP/SMA dan sederajat dan semoga di tahun berikutnya SSK di Kabupaten Bangkalan selalu bertambah,” jelasnya.
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Polda Jatim Gelar Shalat Ied dan Salurkan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

SURABAYA, memo-pagi.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto bersama Wakapolda Jawa Timur Brigjen… Read More

5 jam ago
  • MEMO PAGI

Dandim 0829/Bangkalan,Serahkan Hewan Kurban Kepada Takmir Masjid An-Nur Kodim Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat Di Masjid An-Nur Kodim 0829/Bangkalan Jl. Mayjend Sungkono Gang 1. Pongkoran… Read More

5 jam ago
  • MEMO PAGI

Polres Bangkalan Dan Jajaran Potong Hewan Kurban, 6 Ekor Sapi dan 2 Kambing

BANGKALAN, memo-pagi.com - Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, Polres Bangkalan melakukan… Read More

6 jam ago
  • RELIGI

Perjalanan Spiritual Menuju Haji Mabrur, Jamaa’ah Haji 1445.2024,Kbihu Al-Azhar Menganti Kloter 81 (Sub) Gresik

SURABAYA, memo-pagi.com - 9 Zulhijah 2024 atau 15 Juni 2024, jemaah haji dari seluruh dunia… Read More

14 jam ago
  • MEMO PAGI

Sat Reskrim Polres Bangkalan Amankan Pelaku Penganiayaan Dengan Sajam

BANGKALAN, memo-pagi.com – Sat Reskrim Polres Bangkalan berhasil mengamankan pelaku penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Sat Lantas Polres Bangkalan Amankan 38 Sepeda Motor Peserta Balap Liar Serta Pelaku dan Penonton Sebanyak 43 Orang

BANGKALAN, memo-pagi.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) gabungan Satsamapta Polres Bangkalan mengamankan 38 unit sepeda… Read More

1 hari ago