MEMO PAGI

Pengurus Forum BUMDes Kabupaten Bangkalan Periode 2024-2027 Terbentuk

BANGKALAN, memo-pagi.com – Senin 25 Maret 2024, Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Bangkalan telah membentuk susunan pengurus yang baru untuk periode tahun 2024 sampai dengan 2027. Adapun tahapan yang dilakukan antara lain merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART). Pada AD ART ini dijelaskan tentang tata cara pemilihan pengurus beserta masa berlakunya atau periode pengurus terpilih, sedangkan tujuan dari dibentuknya pengurus Forum BUMDes ini selain untuk wadah koordinasi antar BUMDes juga diharapkan menjadi wadah saling sharing ilmu manajemen serta informasi yang berkaitan dengan pengembangan usaha.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bangkalan melalui Kepala Bidang PLK Ali Yusri Purwanto mengatakan, dalam susunan Pengurus Forum BUMDes Kabupaten Bangkalan periode 2024-2027 telah ditunjuk 10 orang yang terdiri dari unsur Direktur BUMDes yang mempunyai komitmen untuk memajukan dan peduli terhadap program dan kegiatan.

Adapun di tahun 2024 ini program yang sudah disusun dan disepakati dengan Dinas PMD Kabupaten Bangkalan antara lain mempersiapkan pelaksanaan Jambore BUMDes pada bulan Juli 2024 yang akan menjadi agenda rutin tahunan.

“Melakukan jejaring dan kemitraan dengan berbagai pihak seperti dengan PT Bulog, Bapenda Provinsi Jawa Timur, PT Pertamina dan menyiapkan media sosial resmi Forum BUMDes Kabupaten Bangkalan,” ujarnya.

Yusri menambahkan, Forum BUMDes yang sudah dibentuk, diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk mengembangkan BUMDes di 273 desa terutama dalam hal kewajiban berbadan hukum dari Kemenkumham karena baru 65 BUMDes yang sudah berbadan hukum dan kedepan seluruh perusahaan milik desa ditargetkan mampu mendongkrak PADes.

“Sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat desa, selain itu juga diharapkan dapat memberikan pendampingan, berkolaborasi secara berjenjang untuk meningkatkan kapasitas SDM Pengelola BUMDes dan mampu melakukan koordinasi dengan Forum BUMDes Provinsi Jawa Timur,” terangnya. (Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Gebuk….!!!: Mafia Tanah Bangkalan Menjadi Surganya Bagi Para ” Mafia Tanah “

BANGKALAN, memo-pagi.com - 6 Juli 2024, Bangkalan yang dikenal dengan nama Kota Dhikir dan Shalawat,… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kapolres Bangkalan Gelar “Piramida” Bersama Awak Media Wujudkan Kamtibmas Jelang Pemilukada

BANGKALAN, memo-pagi.com - Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas)… Read More

1 minggu ago
  • MEMO PAGI

Pagu Siswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 SMPN 2 Bangkalan Kini Telah Terpenuhi Sebanyak 320 Siswa Baru

BANGKALAN, memo-pagi.com — Dalam momen PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 2 Bangkalan… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Berikan Ucapan HUT Bhayangkara Ke 78, Danramil Burneh Kunjungi Mapolsek Burneh

BANGKALAN, memo-pagi.com – Danramil 0829-04/Burneh, Kapten Inf Edi Kuswoyo Hadi dan jajaranya melakukan kunjungan ke… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Kodim 0829/Bangkalan Laksanakan Komsos Dengan Aparat Pemerintah

BANGKALAN, memo-pagi.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)… Read More

2 minggu ago
  • MEMO PAGI

Warga Desa Sumber Salak Bersyukur dan Bahagia Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras.

JEMBER, memo-pagi.com - Berjalan lancar pendistribusian Bantuan Pangan berupa beras sebanyak 1369 penerima manfaat,  disambut … Read More

2 minggu ago