MEMO PAGI

Terkait Pemekaran Desa Jenggawah Masyarakat Datangi DPMD Kabupaten Jember

JEMBER, memo-pagi.com – Setelah musyawarah bersama dan Sesuai arahan Kepala Desa Jenggawah, akhirnya Perwakilan Masyarakat Desa Jenggawah Mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Jember. Rabu (22/5/2024).

Menurut Pejabat fungsional dibidang Pemdes DPMD Kabupaten Jember Bapak Imam Hanafi ketika dikonfirmasi awak media menjelaskan “Sementara ini kalau saya liat kita di Kabupaten Jember belum mempunyai terkait dengan regulasi pemekaran Desa, oleh karna itu format formatnya kita belum punya.

Kita masih ada revisi undang Undang Desa walaupun itu sudah di undang undangkan “terkait dengan petunjuk teknis regulasi berikutnya kita masih belum ada. Oleh karena itu sekali lagi Saya sampaikan ketika nanti kita sudah mempunyai Perbub tentang Desa maka otomatis disitu petunjuk petunjuk dan tahapan tahapannya itu sudah jelas tertulis mengacu ke regulasi diatasnya,” tuturnya.

“Untuk selanjutnya kita tetep berupaya karna kita juga berfikir desa desa yang menginginkan pemecahan yang masyarakatnya sudah memenuhi syarat seperti Desa jenggawah yang jumlah penduduknya kurang lebih 17 ribu jiwa mungkin dibanding dengan desa desa lainnya yang kecil memang layak.

Namun sekali lagi,”terbentur regulasi terkait dengan penataan desa itu kita masih belum punya, mudah mudahan dalam waktu dekat kita Kabupaten Jember bisa sesegera mungkin menyusun atau merealisasikan terkait dengan regulasi dimaksud dengan acuan ruju’an undang undang diatasnya, mohon maaf ini sekarang Bapak Kabid lagi ada dinas diluar terkait batas desa mungkin ada hal ka ada yang kurang dari penjelasan saya mohon maaf yang sebesar besarnya, “Pungkas Bapak Imam Hanafi.

“Terpisah menurut Sohib salah seorang perwakilan masyarakat menjelaskan, rencana dan usulan pemekaran desa jenggawah ini sudah mulai tahun 2006 silam dan nyatanya sampai sekarang belum terealisasi.

Apalagi Bapak Kepala Desa Jenggawah yang sekarang menjabat, “rencana Pemekaran Desa jenggawah ini juga masuk dalam janji politiknya diwaktu beliu mencalonkan diri sebagai calon kepala desa tahun 2019 yang lalu.

“memang Desa Jenggawah ini sangat luas sekali meliputi tujuh dusun dan jumlah masyarakatnya tidak kurang dari 17 ribu jiwa. Kita sebagai masyarakat sangat mendukung sekali dan berharap rencana pemekaran desa jenggawah ini bisa segera diajukan ke Pemerintah daerah dan Pemerintah pusat agar supaya bisa direalisasikan,”Jelas Sohib. (dik)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Polda Jatim Gelar Shalat Ied dan Salurkan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

SURABAYA, memo-pagi.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto bersama Wakapolda Jawa Timur Brigjen… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Dandim 0829/Bangkalan,Serahkan Hewan Kurban Kepada Takmir Masjid An-Nur Kodim Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat Di Masjid An-Nur Kodim 0829/Bangkalan Jl. Mayjend Sungkono Gang 1. Pongkoran… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Polres Bangkalan Dan Jajaran Potong Hewan Kurban, 6 Ekor Sapi dan 2 Kambing

BANGKALAN, memo-pagi.com - Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, Polres Bangkalan melakukan… Read More

8 jam ago
  • RELIGI

Perjalanan Spiritual Menuju Haji Mabrur, Jamaa’ah Haji 1445.2024,Kbihu Al-Azhar Menganti Kloter 81 (Sub) Gresik

SURABAYA, memo-pagi.com - 9 Zulhijah 2024 atau 15 Juni 2024, jemaah haji dari seluruh dunia… Read More

16 jam ago
  • MEMO PAGI

Sat Reskrim Polres Bangkalan Amankan Pelaku Penganiayaan Dengan Sajam

BANGKALAN, memo-pagi.com – Sat Reskrim Polres Bangkalan berhasil mengamankan pelaku penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Sat Lantas Polres Bangkalan Amankan 38 Sepeda Motor Peserta Balap Liar Serta Pelaku dan Penonton Sebanyak 43 Orang

BANGKALAN, memo-pagi.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) gabungan Satsamapta Polres Bangkalan mengamankan 38 unit sepeda… Read More

1 hari ago