Tim Anti Drone Korps Brimob Mabes Polri Berhasil Amankan 2 Drone Liar di Sirkuit MotoGP

MANDALIKA NTB, memo-pagi.com – Dalam persiapan menyambut ajang MotoGP Mandalika 2023, Polda NTB telah melaksanakan Operasi Mandalika 2 Rinjani 2023 sejak tanggal 10 hingga 16 Oktober 2023. Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Arman A. Syarifuddin, S.I.K., mengungkapkan jika operasi tersebut melibatkan 3.409 personil yang tersebar di 35 pos penyekatan dan 24 pos pengamanan.

Di sela pemantauan pengamanan hari pertama di lapangan, Jumat (13/10/2023) siang, Kombes Pol. Arman menjelaskan jika kegiatan MotoGP hari pertama adalah kelas Moto-2. Balapan kelas Moto-3 akan berlangsung tanggal 14 Oktober (besok), puncaknya adalah balapan MotoGP pada 15 Oktober.

Disebutkan, salah satu aspek penting dalam pengamanan even MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yakni antisipasi terhadap asap dan drone.

“Kami memiliki tim khusus Anti Drone yang secara khusus didatangkan dari Korps Brimob Mabes Polri Kelapa Dua Depok, dimana tim ini bertanggungjawab untuk mencegah penggunaan drone liar yang dapat mengganggu jalannya balapan. Penggunaan drone dibatasi sesuai regulasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2020. Drone tidak boleh diterbangkan di area balapan dan tempat dengan kerumunan orang, untuk menjaga keamanan pembalap dan penonton,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Arman menyebutkan, selama persiapan MotoGP 2023 s.d hari pertama MotoGP Tim Anti Drone berhasil mengamankan 2 drone liar yang terbang di sekitar sirkuit Mandalika.

“Kami mengingatkan para pemilik drone untuk tidak menerbangkannya di area Sirkuit Mandalika, demi suksesnya acara MotoGP Mandalika tahun ini,” pesannya.

Selain pengamanan, lanjutnya, Dinas Perhubungan juga telah menyiapkan 2 shuttle bus khusus untuk penonton yang akan datang ke sirkuit.

“Ini adalah upaya untuk menghindari kemacetan dan memastikan penonton dapat sampai ke lokasi dengan nyaman,” ucap Kombes Pol. Arman.

Dengan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk tim Anti Drone dan Dinas Perhubungan, diharapkan MotoGP Mandalika 2023 berjalan lancar dan sukses.

“Kami akan terus memberikan update seputar acara ini. Tetap pantau berita ini untuk informasi terkini seputar MotoGP Mandalika 2023,” pungkas. (Rian)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Kepada 234 Siswa Kelas XII

JEMBER, memo-pagi.com - Setelah melalui proses belajar yang panjang selama 3 tahun serta menyelesaikan Ujian… Read More

8 jam ago
  • MEMO PAGI

Penyerahan Simbolis Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com - Bertempat di Gedung Manunggal, Kodim 0829/Bangkalan Melaksanakan penyerahan simbolis bantuan pompa air… Read More

14 jam ago
  • MEMO PAGI

Kunjungan Kerja Pangdivif 2 Kostrad di Mabrigif 9/DY/2 Kostrad

JEMBER, memo-pagi.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.( Han).… Read More

19 jam ago
  • MEMO PAGI

Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA (Memborong Hasil Tani) mama papua sampai Habis Ludes.

INTAN JAYA, memo-pagi.com - Satgas Yonif 509 Kostrad melalui TK Holomama ROSITA (Memborong Hasil Tani)… Read More

19 jam ago
  • MEMO PAGI

Ojo lali Moco Sholawat, Wes Wayae Kiyai Jadi Bupati Jember

JEMBER, memo-pagi.com -  Ojo Lali Moco Sholawat, Sarasehan Kesenjangan Akses Masyarakat  Miskin Atas Pendidikan yang… Read More

1 hari ago
  • MEMO PAGI

Polda Jatim Amankan Seorang Oknum PNS dan Enam Orang Lainnya Diduga Terlibat Pesta Pil Ekstasi

SURABAYA, memo-pagi.com - Unit I Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur, mengungkap… Read More

2 hari ago