MEMO PAGI

Monitoring dan Evaluasi, Pelaksanaan P3PD Tahun Terakhir di Kabupaten Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com – Jumat 22.Maret. 2024, Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Komponen 2 Kementerian Desa dan PDTT RI sudah memasuki tahun kedua atau terakhir di tahun 2024 ini. Adapun pada komponen 2 ini Kabupaten Bangkalan menjadi salah satu Kabupaten yang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan 3 Program sekaligus atau beririsan, antara lain Program Desa Cerdas, Desa Inklusif dan Akademi Desa dengan total melibatkan 28 desa lokus.

Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Bangkalan melalui Kepala Bidang PLK Ali Yusri Purwanto mengatakan P3PD diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi transformasi Desa kedepan.

Diantaranya adalah memastikan keterlibatan warga masyarakat dalam pembangunan, tanpa terkecuali termasuk kaum marginal dan rentan. Sebab disadari bersama kelompok-kelompok ini seringkali luput dari prioritas pembangunan.

‘’Disamping itu tentunya mendorong penguatan kapasitas sumber daya manusia di desa, khususnya menciptakan inovasi dan kreativitas dari aparatur serta masyarakat Desa menjadi salah satu tolak ukur soal inklusivitas dan akuntabilitas sosial,’’ kata Ali Yusri.

Untuk mewujudkan semua itu kata Yusri, dibutuhkan dorongan, perhatian serta early warning system tata kelola pembangunan yang memiliki rasa tanggung jawab bagi masyarakat sebagai sasaran utama pembangunan sebagai Subjek serta pengembangan sistem akuntabilitas sosial di Desa.

‘’Selain itu kolaborasi dan kemitraan harus dibangun dengan semua pihak untuk bersama-sama melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat Desa,’’ tambahnya.

Ia menambahkan, pada bulan Februari 2024 lalu, telah dilakukan monitoring dan evaluasi dari Kementerian Desa dan PDTT serta dari Kementerian Dalam Negeri ke beberapa Desa lokus P3PD. Dalam pelaksanaan di tahun 2023 Kabupaten Bangkalan sudah memenuhi harapan dengan capaian sesuai dengan tujuan dan target P3PD.

‘’Diharapkan, program P3PD ini tidak berhenti pada tahun 2024 saja, melainkan terus dilaksanakan secara berkelanjutan (sustainable) dengan tidak melupakan kearifan lokal yang ada,’’ tutupnya
(Wie)

Recent Posts

  • MEMO PAGI

Dr. Hj. Faida, MMR & H. Karimullah Dahrujiadi, S.P Semakin Kuat Untuk Menjadi Pasangan Pikada Jember 2024

JEMBER, memo-pagi.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jember H. Karimullah Dahrujiadi, S.P… Read More

2 jam ago
  • MEMO PAGI

Pesan Singkat Suryadi Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri Pakusari

JEMBER, memo-pagi.com - Pada hari Rabu 23 Mei 2024, SMA Negeri Pakusari mengadakan acara pelepasan… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

Pj Bupati Bangkalan Hadiri Pelepasan Road Bus KPK

BANGKALAN, memo-pagi.com - Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Dr Arief M Edie menghadiri seremoni pelepasan Road… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

SMA Negeri 1 Arosbaya Gelar Purna Siswa Angkatan 31 Tahun Pelajaran 2023-2024 di Gedung Rato Ebuh Bangkalan

BANGKALAN, memo-pagi.com – Momen penting SMA Negeri 1 Arosbaya kini baru selesai digelar berupa penyelenggaraan… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

33 Titik Ruas Jalan Kabupaten Akan Diperbaiki Tahun Ini, Sebagian Menggunakan E-Katalog

BANGKALAN, memo-pagi.com - Selasa 21 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berencana akan memperbaiki 33… Read More

3 jam ago
  • MEMO PAGI

Dies Natalis UHT: IWP Kunjungi Mantan Istri Rektor untuk Silaturahmi

SURABAYA, memo-pagi.com - Dalam rangka memperingati dies natalis ke-37 Universitas Hang Tuah (UHT) yang jatuh… Read More

4 jam ago